Seni Budaya

Wisata Bengkalis Riau Indonesia

Kumpulan Obyek Wisata,kesenian dan kebudayaan, kerajinan, olahraga, tarian, dll…..

1. Kerajinan Tenun Songket di Bukit Batu, Bengkalis

a:2:{s:2:"id";s:36:"Kerajinan Tenun Songket di Bengkalis";s:2:"en";s:0:"";}
                                                http://hpmkbpekanbaru.webs.com/
2. Kompang
     Kompang adalah seni budaya melayu. Di Bengkalis biasanya diadakan kompang untuk penghelatan perkawinan, penyambutan tamu, acara besar lainnya… kompang juga sering dipertandingkan di kab.bengkalis yaitu menjadi tradisi yang tak pernah hilang oleh zaman.
                                                  http://hpmkbpekanbaru.webs.com/
3. Tarian Zapin Melayu
      Zapin adalah suatu tarian khas adat melayu bengkalis, dan juga melayu-melayu lainnya yang tersebar di seluruh dunia. zapin merupakan gerkan yang khas, yang gemulai, yang rancak atau yang patah-patah, meski sangat berdeda dengan breakdance. zapin bagi masyarakat Bengkalis, bahkan juga bagi masyarakat pesisir semenanjung melayu adalah denyut nadi Dinamika kehidupan mereka. maka, bagi masyarakat bengkalis, tidak mengenal zapin serta dinamika nya adalah sesuatu yang sangat keterlaluan. Tarian zapin dari dahulu sudah lama dikenal oleh dunia. tarian zapin juga sering dipertandingkan dalam kesenian melayu. HEBATNYA NEGRI KARNA BUDAYANYA.
                                                            http://hpmkbpekanbaru.webs.com/
                                                            http://hpmkbpekanbaru.webs.com/
                                                            http://hpmkbpekanbaru.webs.com/
4. Makanan Khas Melayu Bengkalis
     a. Sambal Belacan
          Sambal belacan adalah makan khas masyarakat bengkalis, yang dibuat dari cabe kering, dimasakkan pake santan kelapa dan ditaburi dengan belacan, dan juag dimasukkan rimbang atau udang,dll. bicara sambal belacan, tentunya sambal yang kental dan rasanya yang enak.
                                                              http://hpmkbpekanbaru.webs.com
5. Lampu Colok
Tradisi Lampu Colok dalam rangka menyambut malam takbir dan lebaran di Bengkalis – Riauberlangsung meriah. Selain sudah menjadi tradisi, lampu colok ini diperlombakan antar kampung dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat.Pemasangan lampu colok ini sudah menjadi tradisi setiap tahun diakhir bulan ramadhan dalam menyambut malam takbir dan lebaran. Lampu colok ini terbuat dari kaleng bekas yang diberi sumbu dan diisi minyak tanah dan kemudian disusun berupa kubah – kubah masjid dan hiasan kaligrafi.

Tradisi Lampu Colok tradisi ini berawal dari keinginan masyarakat untuk memberikan penerangan di bulan ramadhan, sekaligus tradisi ini merupakan syiar Islam sebagai hiasan – hiasan lampu yang ada selalu bernuansakan Islami.

Keindahan lampu colok yang dihias dalam bentuk kubah masjid dan kaligrafi ini digemari oleh warga setempat dengan keluar rumah dan berkeliling kampung.

Biasanya Lampu Colok ini dilaksanakapn pada mulai malam 27 Ramadhan, dari zaman ke zaman tradisi lampu colok ini tidak pernah tidak dilakukan. Lampu colok adalah salah satu alat penerangan yang dipakai pada saat listrik belum dikenal, lampu ini menggunakan bahan bakar minyak tanah yang dibuat sedemikan rupa. sedangkan tradisi yang biasa dilakukan oleh pemuda – pemuda setempat ialah membuat beberapa menara yang tinggi sebagai kerangka untuk menyusun lampu- lampu  tersebut. susunan tersebut membentuk berbagai macam formasi. pemasangan lampu colok biasanya dimulai pada 27 hari bulan ramadhan atau sering disebut dengan “27 likur” sampai malam takbiran.

Festival Lampu colok yang digelar setiap tahunnya di Bengkalis, mengunggulkan ciri khas kreativitas kedaerahan. Di Bengkalis, lampu colok yang mencolok bersinar adalah berbentuk gapura colok. Festival lampu colok di Bengkalis digelar oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan. Melalui festival ini juga diharapkan menjadi daya tarik orang untuk datang ke Bengkalis atau perantau pulang ke kampung halaman.

http://hpmkbpekanbaru.webs.com

http://hpmkbpekanbaru.webs.com


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s